Zaman sekarang internet sudah hampir menjadi kebutuhan yang pokok. Lihat saja sekarang, pengguna internet semakin lama semakin banyak. Penggunanya pun beragam, dari sekedar browsing, download, chatting dll. Internet menggunakan telkomnet instan? Udah biasa kli ya. Sampe2 semua orang hafal dengan no dialnya –> kosong delapan kosong sembilan delapan sembilan empat kli….. telkomnet instan…!!! Lah kok malah jadi nyanyi bro? he..he..😀. Hampir semua operator, baik yang GSM n CDMA sudah support internet. Pada artikel ini akan kita coba membuat HP (terutama nokia) untuk dijadikan modem buat internet. Berdasarkan pengalaman saya, sebaiknya cari operator yang biayanya per waktu, bukan perdata (kB), karena klo kita make browsing biasanya nggak ada yang dikompress n jelas2 bisa bikin pulsa membengkak klo kita pake hitungan per data, kecuali klo cuman sekedar chatting sih oke2 aja bro.
Dari survey pribadi (sampe tulisan ini dibuat), rekor biaya internet paling murah masih dipegang oleh StarOne (selamat buat Indosat atas penghargaan dari saya :clap: , jangan lupa kasih ‘penghargaan’ juga buat saya yang telah mempromosikan:D), dengan biaya Rp. 75/menit (untuk non ngorbit) n Rp. 50/menit (klo pake ngorbit). Kecepatannya pun lumayan untuk sekedar buat browsing n chatting, rata2 10 kB/s – 15 kB/s, klo lagi untung bisa sampe kecepatan max 19 KB/s. Inget ini kecepatan pake satu KB (kilo bytes) jadi klo dikonversikan ke satuan standar jaringan max 19 x 8 = 152 kbps (kilo bits per second).

Ya udah langsung aja ke tutorialnya. Aq make windows XP Professional SP2. Mudah2an aja gak terlalu beda ma yang lain. Sebelum kita mengonfigurasi koneksinya, kita harus menginstall driver HPnya terlebih dahulu. Klo pake HP nokia, tinggal install Nokia PC Suite, download aja di situs resminya, gratis kok! Trus tinggal colokin kabel datanya ke komputer. Alhamduli4JJI sekarang nokia nggak over protective lagi seperti dulu. Sekarang pake kabel yang ‘bajakan’ aja sudah bisa. Aq sendiri make nokia 3155 CDMA + kabel data DKU-2 (versi ‘murah’😛, cuma 45 ribu coy!).
Sebelumnya install dulu Nokia PC suitenya, tinggal diklik next n next n I’agree n next n…. dll:D(wah dasar kebiasaan make software bajakan neh….:P). Klo udah baru kita setting koneksi internetnya. Sekedar memastikan aja, alangkah baiknya klo kita ngecek dulu, apakah HP yang kita pake support untuk dijadikan modem apa tidak, karena biasanya HP yang low end tidak support untuk dijadikan modem internet. Coba buka menu control panel -> Phone and Modem Options. Trus pilih tab ‘modems’, coba lihat apakah HP yang mau dipake masuk dalam daftar.
Ngecek modem HP
Di situ, HP yang saya pake Nokia 3155 masuk dalam daftar, berarti bisa dipake untuk modem internet. Tapi jangan sampe tertipu dengan software Nokia PC suite. Coba Anda lihat di Nokia PC suite, trus pilih ‘Connect to the internet’
Cek modem HP pake Nokia PC Suite
jika tidak muncul seperti di atas, nggak perlu berkecil hati. Patokannya pake yang lewat control panelnya windows aja. Nggak tau kenapa nggak muncul, tapi yang jelas aq sendiri nyoba pake Nokia 3155q, lancar2 aja tuh. Ada, 2 cara untuk mengonfigurasi modem HP, bisa make Nokia PC suite ato pake Windows wizard (bawaan windows). Namun untuk tutorial kli ini kita make windows wizard, biar semua tipe HP bisa nyoba, nggak cuman monopoli nokia aja (padahal yang bener, gara2 nggak kedetect di Nokia PC suitenya neh:p:-”)
==> Konfigurasi modem HP
Oke, langsung aja bro! Buka control panel –> Network Connections. Trus pilih menu File -> New connection, trus klik next.
step 1
Langka ke-1, pilih ‘Connect to the Internet’, trus klik next
step 2
langkah ke-2, pilih ‘Set up my connection manually’
step 3
langkah ke-3, pilih ‘Connect using a dial up modem’
step 4
langkah ke-4, isi dengan nama koneksi. Pada contoh ini saya tuliskan ‘StarOne’
step 5
langkah ke-5, isi dengan dial numbernya (tanya operatornya atau lihat sini)
step 6
langkah ke-6, isi username n passwordnya (tanya operatornya atau lihat sini).
Sampe sini, untuk penyettingan yang jenis CDMA (StarOne, flexi, esia, smart dll) biasanya sudah cukup. Untuk yang pake GSM, kita masih perlu menyetting access pointnya. Langsung buka control panel –> Phone and Modem Options. Trus pilih tab Modems.
setting access point
Trus pilih modem HPnya (pilih yang terhubung saat ini, yang bagian ‘attached to’nya terisi, bukan yang ‘Not present’) n klik tombol ‘Properties’, maka akan muncul window baru (ex Nokia 3155 Modem properties). Pada windows baru yang muncul pilih tab ‘Advanced’, trus di field ‘Extra initialization comands’ masukkan data berikut:
AT+CGDCONT=1,"ip","[nama access point]"
atau
+CGDCONT=,,"[nama access point]"
contoh (IM3)
AT+CGDCONT=1,"ip","indosatgprs"
baru klik OK. (Tapi jangan tertipu ma tutorialnya yah! Inget, ini HP yang aq pake CDMA, jadi nggak perlu disetting access pointnya:D)
Untuk menyambungkannya, pilih Start -> Connect To -> [Nama koneksi/ISP Name], trus klik tombol ‘Dial’
dial
==> Ngecek pulsa
Alangkah sebaiknya kita jadi pelanggan yang ‘teliti’, biar nggak mudah ditipu orang😀. Yup, apalagi klo bukan ngecek pulsanya, bener nggak ya ma itungannya operator:-”.
Coba double click icon status koneksnya, misalkan yang keluar kayak gini
contoh status
klo kita pake hitungan per waktu, tinggal hitung aja 52 menit (dibulatkan ke atas) x 75 (tarif StarOne non ngorbit) = Rp. 3.900,-. Klo pake hitungan per data berarti harus dijumlahkan dulu antara bytes yang keluar dan yang masuk (total bytes), trus dikonversikan ke satuan kilo bytes (kB, karena hitungan tarifnya Rp. X/kB), baru dikalikan dengan tarifnya. Dari contoh di atas:
Total bytes –> 1.152.386 + 39.780.716 = 40.933.084 bytes = 39.974 kB
Total pengeluaran –> 39.974 * Rp. 1 (tarif StarOne) = Rp. 39.974,-
Ingat! 1 kB = 1024 B
Coba lihat bro! 3.900 dibandingkan 39.974, untung aq nggak pake hitungan per data, bisa2 pulsaQ jebol nih:D
Daftar konfigurasi operator:
1. StarOne – CDMA
no dial: #777
username: starone
password: indosat
untuk ganti ke tarif per data ketik Reg VOL ke 799
untuk ganti ke tarif per waktu ketik Reg TIME ke 799
2. Smart – CDMA
no dial: #777
username: smart
password: smart
3. NTS – GSM, 3G (UMTS) & GPRS
no dial: *99#
username: nts
password: natrindo
access point: ntswap
4. Mentari – GSM, 3G (WCDMA) & 3.5G (HSDPA)*
no dial: *99#
username: indosat –> untuk hitungan per data
indosat@durasi –> untuk hitungan per waktu
password: indosat –> untuk hitungan per data
indosat@durasi –> untuk hitungan per waktu
access point: indosat3g
5. IM3 – GSM
no dial: *99***1#
username: indosat
password: indosat
access point: indosatgprs
6. Telkomsel (flash) – GSM: GPRS, 3G, 3.5G
no dial: *99#
username: [kosong]
password: [kosong]
access point: flash
7. XL – GSM*
no dial: *99***1#
username: xlgprs
password: proxl
access point: http://www.xlgprs.net

* belum dicoba, hanya mendapatkan data dari call centernya:D
settingan di atas mungkin bisa saja berubah sewaktu2, silakan hubungi call centernya masing2. Settingan di atas, semuanya didapat dari menghubungi call centernya langsung