Kebanyakan PC anda telah diatur sedemikian rupa, seperti pada hard drive, semua pengaturan desktop, history, pilihan browser, dan beberapa file yang ada. Anda dapat mentransfer dan mempertahankan personality tersebut pada PC baru atau yang paling sederhana pada hard drive baru dengan software imaging disk seperti GHOST, DRIVE Image dari Symantec(http://www.Symantec.com), dan Trume Image dari Acronis (http://ww.acronis.com).

Ghost adalah program yang berbasis DOS, pertama diinstalasi pada hard drive dan dijalankan dari DOS Prompt atau dapat ditransfer ke disket jika dibutuhkan. Jika anda menjalankan GHOST di dalam Windows, program tersebut akan membuat partisi DOS sementara di dalam ruang hard disk yang tidak digunakan, dan reboot ke dalam DOS untuk melakukan hal tersebut. Untuk alasan ini, GHOST untuk Windows diperlukan mempunyai satu slot partisi yang kosong. Sebagai contoh, jika Anda mempunyai setup tiga partisi Primary dan satu partisi Logical, GHOST akan keberatan untuk dijalankan.

Jika tidak berhasil dengan GHOST, anda berakhir dengan sistem partisi DOS yang tumpang tindih dengan partisi yang sudah anda punyai. Anda disarankan menghapus partisi ini secara aman dengan booting di alam CD rescue Linux atau menggunakan FDISK Linux. Jika anda menemukan sistem yang tumpang tindih, sebaiknnya menghubungi Tim Support Symantec karena bisa menyebabkan suatu masalah. Disarankan untuk tidak menggunakan GHOST di dalam Windows.

Setiap Program membolehkan anda untuk memindahkan partisi atau semua drive dari satu ke yang lainnya atau membuat file image dari hard drive yang dapat dibaca dengan program Windows Exploler khusus untuk mendapatkan kembali file individu dari dalam file Image.

Mengkloning drive adalah cara terbaik dengan dua drive yang terhubung ke PC yang sama, tetapi dapat bekerja melalui kabel port paralel khusus atau bahkan dari jaringan lokal. Memindahkan  seluruh isi disk drive ke komponen lainnya, termasuk dile boot, sistem operasi, struktur personilisasi dari PC anda, dan menjalankannya pada suatu drive baru atau PC baru.

Selain GHOST atau Drive Image dari Symantec atau True Image dari Acronis, berikut ini adalah produk lain yang bisa anda gunakan untuk mengkloning Disk Drive:

  • Untuk Sistem operasi Linux:

  1. Ghost4unix pada http://rfhs8012.fh-regensburg.de/~feyrer/g4u/.
  2. QTparted pada http://qtparted.sourceforge.net/.
  • Untuk Sistem Operasi Windows:
  1. HDClone pada http://www.miray.de/download/sat.hdclone.html
  2. DriveClone Farstone pada http://www.farstone.com/
Oke Sob, sudah saya jelasin tentang Kloning Hard Disk, Sering-sering ke Blogku yaw. So, Hacking is the Best! Hacking PC-88 is the Best!