shutdown Jarak Jauh Via Jaringan Pada Windows XP Apabila anda seorang Administrator, pasti anda merasa cukup merepotkan bahkan cukup melelahkan untuk mematikan komputer client satu demi satu. Apabila komputer dikantor anda terhubung melalui jaringan, ada cara yang lebih praktis untuk mematikan komputer client tanpa harus langsung menghapiri komputer tersebut. Caranya adalah sebagai berikut :
Klik Start, kemudian pilih Run
Pada kotak Run, ketik shutdown -i dan tekan enter atau klik OK

Saat jendela Remote shutdown Aktif, klik tombol browse untuk melihat daftar komputer yang ada didalam jaringan. Anda juga bisa langsung mengklik pada tombol Add dan isi dengan nama komputer atau alamat IP. Kita dimungkinkan untuk memilih lebih dari satu komputer.

Dibawah kotak “What do you want these computers to do”, pilih shutdown, Restart atau Logoff sesuai dengan kebutuhan.
Klik “Warn users of the action” dan isi “display warning for” untuk menentukan berapa lama pesan tersebut akan ditayangkan pada komputer client.

Pilih salah satu daftar option yang paling sesuai dengan alasan kita melakukanshutdown/Restart/Logoff jarak jauh ini, dan tambahkan comment bila memungkinkan.

Klik tombol OK untuk mengeksekusi perintah ini.
Setelah tombol OK di klik, maka pesan akan muncul di komputer client selama beberapa detik (sesuai dengan jumlah yang diisi) kemudian akan shutdown/Restart/Logoff setelah waktu habis.
Namun harus diingat, kita hanya dapat melakukan hal ini, apabila kita mempunya akses Administrator pada komputer client.

Iklan